UPT. American Corner
Universitas Muhammadiyah Malang
UPT. American Corner
Universitas Muhammadiyah Malang

AS dan Indonesia Selenggarakan dialog Lintas Agama Pertama

Author : Administrator | Rabu, 27 Januari 2010 10:31 WIB

Amerika Serikat dan Indonesia  bekerja sama menyelenggarakan konferensi lintas agama di Jakarta, pada  25-27 Januari 2010. Sejumlah pemuka agama dan wakil organisasi masyarakat dari berbagai keyakinan yang berbeda  bertemu untuk mendiskusikan topik

Membangun Komunitas Bersama: Meningkatkan Kerjasama Antar-Warga yang Berbeda Keyakinan.” Konferensi tingkat dunia ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan dan  mengawali serangkaian forum pertemuan serupa yang akan diadakan di berbagai belahan dunia lainnya  tahun ini. 

Sebagai tindak lanjut dari tekad Presiden Obama untuk mendukung peningkatan kerja sama lintas-agama, konferensi ini  mengundang sejumlah pemimpin agama dari Indonesia, Amerika, dan beberapa Negara Asia. Sejumlah perwakilan dari organisasi non-pemerintah juga akan berpartisipasi.  Peserta akan fokus untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan kerja sama di bidang penanggulangan kemiskinan, pendidikan, pelestarian lingkungan, dan  tata kelola pemerintahan lokal. 

Indonesia  menjadi tuan rumah Konferensi  ini, dan lembaga non-pemerintah internasional, Religions for Peace,  mermbantu memfasilitasi  acara. Dalam konferensi ini juga akan diresmikan pembentukan kelompok kerja lintas-agama regional untuk kawasan  Asia Tenggara, yang akan bekerja untuk membangun kemitraan baru antara agama dan komunitas warga dalam upaya menjawab berbagai tantangan pembangunan di wilayah ini. Pembentukan kelompok kerja lintas-agama tambahan di wilayah lainnya sedang direncanakan  dan akan dimulai pada tahun 2010 dan 2011. 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image